PENGGARAPAN PROYEK PRIORITAS NASIONAL PENYIAPAN PERENCANAAN KEHIDUPAN KELUARGA BAGI REMAJA MELALUI ORIENTASI PENDIDIK DAN KONSELOR SEBAYA

Amuntai, 6 Juni 2020. Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Keluarga Barencana Kabupaten Hulu Sungai Utara menyelenggarakan kegiatan Orientasi Bagi Pendidik dan Konselor Sebaya. Kegiatan ini merupakan penggarapan Pro PN Perencanaan Berkeluarga bagi Remaja melalui pengautan pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja).

BKKBN melalui Program Generasi Berencana ( Genre) berupaya menyiapkan Generasi muda yang mampu menjawab Bonus Demografi. Program Genre di kembangkan dalam penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarier dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. Salah satu pendekatan Program Genre adalah melalui wadah pusat informasi dan konseling remaja (Kelompok PIK R) dalam struktur kelompok PIK R terdapat pendidik dan konselor sebaya.

Menurut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan tujuan dilaksanakan kegiatan orientasi bagi pendidik dan konselor sebaya ini untuk meningkatkan skill dan kemampuan pendidik dan konselor sebaya tentang teknik pengelolaan PIK Remaja, Pro PN serta untuk melaksanakan konseling yang efektif. Adapaun target sasaran penggarapan Pro PN Remaja di Kalimanatan Selatan sebanyak 375 lokus kelompok PIK Remaja yang tersebar di 13 Kabupaten/Kota.