13 Pejabat Fungsional Dilantik

Banjarmasin, 17/07/2020 – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) lantik 671 pejabat fungsional diseluruh BKKBN se Indonesia. Pada kesempatan kali ini sebanyak 13 Pejabat Fungsional di Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan dilantik dengan cara virtual disaksikan Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Ir.H Ramlan, MA.

Dalam sambutannya, Kepala BKKBN Pusat, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), mengatakan, pelantikan pejabat fungsional dari transformasi jabatan administrasi ke jabatan fungsional dan jabatan administrasi di lingkungan BKKBN sebagai bentuk tindak lanjut arahan Presiden RI tentang penyederhanaan Birokrasi, selain itu BKKBN telah mengeluarkan Peraturan Badan Nomor 11 tahun 2020 tentang organisasi dan tata kerja BKKBN, yang telah mencabut Perka BKKBN Nomor 72/PER/B5/2011, sehingga pejabat fungsional yang telah dilantik penempatannya sudah mengikuti SOTK hasil transformasi kelembagaan yang baru tersebut.

” Pejabat fungsional yang dilantik sebanyak 671 orang yang ada di BKKBN pusat maupun yang ada di perwakilan BKKBN provinsi seluruh Indonesia,”ujar Hasto Wardoyo, dalam sambutannya secara virtual, Jumat ( 17/7).

Bagi pejabat fungsional agar tetap melaksanakan kegiatan dan unsur yang dinilai dalam memperoleh angka kredit sesuai dengan jenjang kepangkatan, namun tetap melaksanakan peran secara fungsi yang melekat pada jabatan fungsionalnya masing-masing, begitu juga pada pejabat struktural agar lebih meningkatkan kinerjanya dalam mensukseskan Program Pembangunan Keluarga, kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Ir.H.Ramlan, MA mengatakan, pelantikan ini sebenarnya BKKBN mendahului sebagai lembaga yang handal dan profesional dalam rangka mewujudkan amanat Presiden RI dimana nantinya akan ada pemangkasan birokrasi yang akan ada dua level saja Kepala dan Sekretaris selebihnya hanya pejabatan fungsional.

” Sekarang dilantik hanya 13 orang jadi ada 3 Kepala Bidang yang di fungsionalkan, dan 10 kepala seksi yang juga di fungsionalkan nantinya kepala seksi akan menjabat fungsional ahli pertama sedangkan kepala bidang akan menjadi jabatan ahli madya, disederhanakan birokrasinya,” ujar Ramlan. Pelantikan pejabat fungsional ini serentak dilaksanakan di 34 provinsi se Indonesia.

” Kendalanya terutama jabatan baru penyesuaian dan kedepan diharapkan tidak ada lagi hambatan,”jelasnya. Harapannya kedepan ASN Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan memiliki kinerja yang lebih baik.