Penyerahan Piagam Kodim Terbaik

Amuntai, 28/07/2020 – Dalam rangka mendukung tercapainya visi dan misi BKKBN serta dalam upaya mensukseskan Prioritas Pembangunan Nasional yang tertera dalam RPJMN 2020-2024 dengan ukuran keberhasilan berupa sasaran strategis dalam rancangan Rencana Strategis BKKBN 2020-2024 yang harus dicapai diantaranya adalah a) Menurunnya Angka Kelahiran Total/Total Fertility Rate (TFR) dapat mencapai 2,26 pada tahun 2020; b) Meningkatnya Angka Prevalensi. Pemakaian Kontrasepsi Modern/Modern Contraceptive Prevalence Rate (mCPR) 61,78 persen pada tahun 2020; c) Menurunnya kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi/Unmet Need 8,6 persen pada tahun 2020; d) Menurunnya Angka Kelahiran Menurut Kelompok Umur 15-19 tahun/Age Specific Fertility Ratio (ASFR) 15-19 tahun, dengan target 25 per-1.000 kelahiran pada tahun 2020, melalui peringatan Hari Keluarga Nasional ke-27 tahun 2020 dengan segala keterbatasan kondisi dan upaya saat ini, BKKBN berinisitif untuk melakukan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor. Melalui kegiatan ini diharapkan beberapa target sasaran strategis BKKBN dapat tetap diwujudkan dengan mempertimbangkan pendekatan budaya kearifan lokal serta tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang berlaku.

 

Dalam kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor pada tanggal 29 Juni 2020 tersebut juga dilakukan penilaian terhadap Kodim atas partisipasi dan kerjasamanya dalam mensukseskan kegiatan KB Sejuta Akseptor. Melalui penilaian yang sudah dilakukan BKKBN Pusat maupun Perwakilan BKKBN Provinsi diputuskan 3 (tiga) Kodim sebagai Kodim terbaik se-Kalimantan Selatan, yaitu :

  1. Juara 1 : Kodim 1001/Amuntai
  2. Juara 2 : Kodim 1009/Pelaihari
  3. Juara 3 : Kodim 1005/Marabahan

Sebagai apresiasi atas diraihnya predikat Kodim terbaik se-Kalimantan Selatan, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara menyelenggarakan acara Penyerahan Piagam Kodim Terbaik Pada Pelayanan KB Sejuta Akseptor. Piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo, SP. OG.(K) dan  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. tersebut diserahkan oleh Danrem 101/Antasari kepada Dandim 1001/Amuntai disaksikan oleh Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si beserta Forkopinda Hulu Sungai Utara dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan beserta jajarannya.

Menurut Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, aspek penilaian meliputi aspek administrasi, aspek ketenagaan, aspek hasil pelayanan KB dan aspek kemitraan. Sedangkan tujuan kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor pada Kegiatan Harganas ke-27 tahun 2020 untuk meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas melalui komitmen Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah serta Mitra Kerja tentang program Keluarga Berencana.