Monev DAK Fisik di Kabupaten Tanah Laut

Pelaihari (9 September 2020) – Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Ir. H. Ramlan, MA bersama Tim Monitoring Dana Alokasi Khusus (DAK) Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan, melaksankan monitoring dan pembinaan pelaksanaan DAK di Kabupaten Tanah Laut. Tim diterima langsung Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Laut dikantornya.
Dalam arahannya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan menerangkan Dana alokasi khusus subbidang KB ditujukan untuk meningkatkan akses dan pelayanan KB yang merata dan berkualitas, menguatkan advokasi dan KIE tentang KB dan kesehatan reproduksi di seluruh wilayah, meningkatkan peran dan fungsi keluarga dalam pengasuhan anak dan perawatan lanjut usia, meningkatkan pemahaman remaja mengenai kesehatan reproduksi dan penyiapan kehidupan berkeluarga serta meningkatkan ketersediaan kualitas data dan informasi kependudukan yang memadai, akurat dan tepat waktu.


Pada kesempatan ini di sampaikan hasil realisasi pemanfaatan DAK Kabupaten tanah laut sampai dengan bulan Agustus 2020 yaitu realisasi pemanfaatan DAK Fisik sebesar 16,80 % dan BOK sebesar 13,47 %. Dalam kesempatan ini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan juga menyampaikan kepada kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Tanah Laut agar dapat terus mengoptimalkan pemanfaatan dana alokasi khusus baik DAK fisik maupun BOK, meskipun pada masa Pandemi Covid 19 saat ini, pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari dana BOK dapat tetap dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pada Kesempatan ini, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan juga sekaligus melakukan kunjungan ke Balai Penyuluh KB Kecamatan Pelaihari dan Balai Penyuluh KB Kecamatan Bajuin. Dalam kunjungannya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pembinaan terhadap Petugas Lapangan KB.