Siapkan Remaja menghadapi Bonus Demografi

Banjarmasin (08/09/2020) – Program Bina Keluarga Remaja (BKR) merupakan program yang dicanangkan oleh Badan Kependudukan dan Keuarga Berencana Nasional (BKKBN). Sasaran program ini ditujukan bagi keluarga yang memiliki anak remaja sebagai wadah dan sumber informasi bagi orangtua untuk memperoleh pengetahuan tentang remaja. Bina keluarga remaja (BKR) merupakan program strategis dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam lingkungan masyarakat. BKR juga merupakan upaya meningkatkan pengetahuan , sikap dan ketrampilan orang tua dan anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang anak dan remaja secara seimbang melalui komunikasi efektif antara orang tua dan anak remaja.
Perwakilan BKKBN Provinsi Kaliamantan Selatan menyelenggarakan kegiatan orientasi bagi kader BKR tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dengan bertempat di Hotel Aston Banua pada hari Selasa-Rabu tanggal 8 September 2020. Pertemuan diikuti sebanyak 65 Orang masing-masing Kabupaten/Kota terdiri dari Kabid KS, PKB sebanyak 2 Orang dan Kader BKR sebanyak 2 Orang. Kegiatan dilaksankan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19 dalam rangka menerapkan social distancing maka ruang pertemuan dibagi dalam 2 tempat. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk berusaha meningkatkan kualitas dan kapasitas kader kelompok BKR.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Ir. H. Ramlan, MA, pada sambutannya Ir. H. ramlan, MA menyampaikan Permasalahan Remaja menjadi permasalahan yang kompleks yang saat ini di hadapi mulai jumlah yang cukup besar hingga permasalahan seputar kesehatan reproduksi remaja. Besarnya jumlah remaja yang ada di Indonesia berpotensi pengelolaan yang terencana, sistematis dan tersetruktur agar dapat dimanfaatkan menjadi modal pembangunan kedepannya.